Pada posting kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang membuka casing netbook ASUS eeePC 12 inch, mudah-mudahan bermanfaat. Membuka casing netbook diperlukan jika kita ingin melakukan perawatan, perbaikan, atau meng-upgrade hardware yang terdapat dalam casing seperti hardisk, atau membersihkan kipas CPU jika sudah terlalu banyak debu yang memperlambat proses pendinginan CPU ataupun mengganti thermal compound dari heatsingk CPU netbook. berikut langkah untuk membuka casing eeePC 1215P.
Langkah 1: 
Buka battery netbook, kemudian buka dua baut yang tertutupi battery netbook, buka juga bagian cover RAM dan lepaskan RAM dari socketnya, kemudian lepas 4 baut yang ada dibalik cover RAM, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini,
Langkah 2: Buka cover touchpad dengan cara menyelipkan benda yang terbuat dari plastic tipis seperti kartu kredit, bekas cover kartu GSM atau sejenisnya, selipkan kartu mulai dari bagian atas, tapi hati-hati karena pada bagian tengah (tepatnya di bagian atas touchpad terdapat kabel fleksibel touchpad yang sangat tipis), lakukan hingga seluruh keliling cover terlepas.

hati-hati jangan sampai tertarik pada kabel fleksibelnya, seperti pada gambar berikut ini :

lepaskan kabel fleksibel dengan cara menarik pengunci dan tarik kabel perlahan ke bawah seperti pada gambar berikut ini:

Langkah 3: Lepaskan empat baut keyboard netbook,
gunakan kembali kartu kredit atau benda sejenis lainnya untuk membuka cover dan keyboard dari samping kanan dan kiri. Untuk membuka bagian atas cover keyboard perlu diperhatikan tiga pengunci yang harus kita tekan dengan perlahan,
jika sudah terlepas, maka langkah selanjutnya adalah membuka cover main board.

Langkah 4: Lepaskan tujuh buah baut cover mainboard seperti gambar berikut ini,

jika sudah dilepaskan semuanya, perhatikan tiga pengait bagian ini yang berada di samping konektor battery netbook,

tekan menggunakan obeng mins kecil atau testpen, dengan perlahan hingga terlepas, dan terakhir lepaskan cover mainboard ASUS eeePC.

kemudian bagian sisanya tergantung kebutuhan. jika diperlukan untuk membuka mother board, akan saya bahas pada postingan yang lain. 
Semoga bermanfaat, terimakasih.
Salam Gudang Siki 

Post a Comment

 
Top